Kepunahan Bahasa Kita Bukan Mustahil Jika…

Hal ini hampir selalu saya singgung sebelumnya diberbagai kesempatan ketika topik yang dibicarakan adalah tentang bahasa dan budaya.

Check this out!

Screen Shot 2015-12-12 at 11.25.45 PM

Dari laman UNESCO mengidentifikasikan ada 10 bahasa di Indonesia yang sudah punah.

Dari temuan di laman UNESCO itu, saya yakin sebenarnya lebih dari yang dinyatakan itu bahasa yang sudah hilang dari tanah air kita. Nah sekarang bayangkan… Jumlah pulau di Indonesia menurut data Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia tahun 2004 adalah sebanyak 17.504 buah. 7.870 di antaranya telah mempunyai nama, sedangkan 9.634 belum memiliki nama. Dan…Dari sekian banyaknya pulau-pulau di Indonesia, yang berpenghuni hanya sekitar 6.000 pulau. Bahasa yang secara ilmiah ditemukan oleh UNESCO sebanyak 143. I’m sure it’s more than that!!

True…that the world’s changing and there’s no way we can stop things to change. Tapi… bayangkan 30-40 tahun ke depan – mungkin saya juga belum tentu menjadi saksi hidup- dimana bahasa yang sekarang kita pakai menjadi sesuatu yang asing bagi generasi pada masa itu.

Seperti sekarang saja, berapa banyak anak usia SMA yang bisa bicara bahasa etnis mereka? Nggak usah bahasa etnis deh… Bahasa Indonesia bagaimana? Saya bicara tentang anak-anak di kota besar.

Beberapa waktu lalu, di tahun lalu, ketika Eyang Putri saya meniggal, adalah momen saya menyadari Bahasa Jawa sebagai bahasa etnis saya, tidak terwarisi dengan baik dan utuh karena saya hanya bisa berbahasa Jawa apa adanya. Padahal Bahasa Jawa itu punya strata yang sudah tidak banyak orang menggunakannya. That’s it! Yang menjadi tantangan generasi sekarang ini dengan semakin melangkanya pemakai bahasa etnis di Indonesia yaa karena semakin melangkanya pemakai bahasa itu.

Lalu dengan berharap bisa belajar dari dunia maya, saya membuat satu page di Facebook untuk belajar Bahasa Jawa Kromo Inggil dari para pendatang laman tersebut. Belum efektif memberi pelajaran, tapi cukup menyenangkan karena adanya atensi dari orang-orang yang ingin belajar Bahasa Jawa Kromo Inggil. Dan saya pun merekrut seorang teman yang piawai dalam berbahasa Kromo Inggil untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pengunjung 😉

Sekitar dua tahun lalu juga saya dengan seorang teman yang punya kegelisahan yang sama tentang bahasa dan budaya berangan-angan membuat satu laman yang memberdayakan anak-anak untuk dapat berbagi tentang budaya mereka ke dunia yang lebih luas. Bahwa dunia maya akan menyimpan -entah punya kadaluarsa sampai kapan- data tentang apapun yang kita unggah menjadi satu kesempatan untuk memakainya sebagai media ‘pewarisan’. Pemberdayaan anak-anak untuk anak-anak, menceritakan budaya dengan bahasa mereka dan dijembatani dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional mengawali ide kawan saya Julie untuk menjadikan laman budaya dan bahsa untuk anak-anak kenyataan. writeourworld.org  menyediakan buku-buku elektronik yang berisi budaya-budaya yang sementara ini masih tentang Amerika bagian Utara, tempat dimana Julie bekerja dengan anak-anak sekolah di daerah sana.

Saya masih dalam proses pembuatan buku elektronik dengan kelas saya juga….Dan jika kamu…atau siapapun yang membaca tulisan ini.. Yuk kita buat paling gak 1 buku sederhana saja, ajak anak-anak disekitar kamu tentang apapun yang ingin mereka bagikan. 🙂

Oya, sementara ide yang tercetus untuk membuat buku elektroniknya memakai aplikasi book author yang sekarang sudah bisa digunakan di PC microsoft selain tablet version.

Wish me luck! 😉

 

http://www.unesco.org/languages-atlas/

http://writeourworld.org/

2 thoughts on “Kepunahan Bahasa Kita Bukan Mustahil Jika…

Leave a Reply

