#DoItYoursef1 One-Day Service Passport Making? Read This!

Baiklah..

Beberapa (mungkin) posting berikutnya akan berupa sharing tentang pengurusan dokumen-dokumen.

Nah sekarang kita mulai dengan yang paling umum dulu yaa: PASPOR!

Hal pertama yang ingin saya bagikan adalah: There’s no more such a one-day service of making passport! Camkan ya! Honeymoon is OVER! 😛 Bulan lalu (Maret) waktu saya mencari info tentang membuat paspor 1 hari jadi secara online, saya mendapatkan info dari laman resmi imigrasi, yang didalamnya memuat artikel tentang adanya layanan tersebut. Maka saya pun mengikuti semua syarat yang disebutkan berikut langkah yang harus dilakukan. Tapi ternyata ketika saya ada pada tahap photo dan sidik jari dan bertanya apakah sore nanti paspor saya sudah dapat saya ambil, petugas disana malah berbalik bertanya: “Kata siapa Mbak bisa diambil hari ini?” Saya malah jadi bingung… “Kata website imigrasi, Pak. Masa saya kira-kira sendiri…” kata saya sambil senyum.

“Mbak liat sendiri nih… buat masuk ke data Mbak-nya aja kita nunggu lama karena koneksi internetnya lama… Mana bisa 1 hari Mbak.. Itu artikel lama, 2tahun lalu iya, kita sempat 1 hari jadi, tapi jadinya kita lembur sampe jam 7 malam.” Kata si Bapak petugas curcol, yang katanya gak dapat uang lembur pula.. 😦

“Yaaah kok masih ditaro di web-nya sih Pak… Saya juga kesini (JakPus) karena kata teman-teman saya kalau di Pusat bisa 1 hari jadi.. hmm..”

“Iya sih Mbak… tapi itu duluuu… sekarang mah nggak. Kita stop terima berkas jam 2, jadi ngabisin yang antri aja.”

Jadiiii… Gak da tuh sekarang proses pembuatan paspor 1 hari jadi folks.. Kecuali kalau koneksi internet di Indonesia bisa lebih cepat dari yang ada sekarang 😛

Anyway, saya tetap merekomendasikan untuk melakukan aplikasi via online karena lebih hemat waktu banyak dibanding harus manual datang ke kantor imigrasi. It’s not even worth it to use ‘calo’ for this. Do it yourself!! It’s easy!

Nih…

1. Buat aplikasi online disini kalau lama responnya (biasanya karena busy connection), coba lagi agak malam diatas jam 22:00. Panduan pengisian cukup jelas kok. Setelah aplikasi berhasil kamu akan dapat notifikasi lewat email untuk membayar berdasarkan paspor yang kamu apply. Print form pengantar untuk dibawa ke bank BNI dan bayar deh. Ini harus bayar langsung ke bank yaa gak bisa via atm or yang lain

2. Setelah membayar uang melalui bank BNI dan mendapat bukti pembayarannya, maka kamu kembali lagi ke layar monitor aplikasi, memasukkan data dari Bank dan selanjutnya bisa memilih tanggal berapa dari pilihan yang tersedia untuk kamu melakukan foto dan wawancara. Setelah itu akan ada konfirmasi tentang hari dan waktu untuk kita datang via email. Print dan bawa surat ini ketika datang pada hari H.

3. Pada saat datang ke kantor imigrasi untuk foto dan sidik jari (plus wawancara formalitas) jangan lupa membawa berkas persyaratannya, baca disini. Asli dan fotokopi. Berdasarkan pengalaman saya di Kantor Imigrasi Jakarta Pusat, antrian pengajuan online dan manual dibedakan. Ada antrian dengan tanda tulisan online dan manual di pintu masuk. Disana ada petugas yang akan mengecek kelengkapan dokumen. Tanda paling gampang, kalo yang antriannya mengular adalah manual, yg gak ada antrian itu yang online 🙂 Usahakan datang pagi ya jadi bisa foto dan sidik jari sebelum break makan siang. Gak usah datang jam 6 pagi jugaaa 😛 hehehe saya waktu itu datang jam 7 dan nongkrong dulu sarapan di mobil, karena pagar baru buka jam 8.

Alamat kantor Imigrasi Jakarta Pusat: Jl. Merpati Blok B12 No. 3, Kemayoran, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Phone:(021) 6541213

Di dalam kantor akan antri lagi, juga dibedakan antara yang manual dan online, untuk menyerahkan dokumen dan dapat no antri untuk foto dan sidik jari (di lantai 2).

Oya, jangan lupa print surat pengantar foto dan wawancara yang dikirim via email. Saya waktu itu lupa mencetak halaman ini dan harus menunggu tempat foto kopi yang ada di ujung jalan Merpati buka 😦 jam 8:00.

4. Setelah foto dan sidik jari paspor akan selesai setelah 4 hari kerja, atau tanyakan pada petugas sidik jari kapan paspor akan selesai. Status dapat dicek kembali di site awal pendaftaran secara online.

5. Pada saat mengambil paspor (4 hari kemudian) bawa bukti pembayaran dari Bank untuk ditunjukkan pada petugas.

Waktu yang saya butuhkan untuk proses dari antri awal sampai foto dan sidik jari dari jam 8:30 sampai 10:30. Kalau yang proses manual bisa lebih lama  lagi karena antrian online dibedakan disetiap proses. Sooo..the choice is yours!

DONE! Mudah bukan?! Happy Traveling! 🙂

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s