#DoItYourself2 Pembuatan SKCK (Police Clearance)

Mencari keterangan secara online adalah sudah menjadi salah satu cara yang kita gunakan sekarang ini untuk mencari informasi tentang hampir segala sesuatu, termasuk membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Dulu ini namanya Surat Keterangan Kelakuaan Baik (SKKB). Karena cukup mengalami kesulitan mengumpulkan data valid untuk membuat SKCK yang sesuai dengan yang saya butuhkan, saya share buat teman-teman yang mempunyai kebutuhan sama dengan saya.

Saya membuat SKCK untuk keperluan bekerja di luar negeri, jadi surat tersebut harus diterbitkan oleh POLRES sesuai area KTP. Karena saya bertempat tinggal di daerah Tangerang Selatan maka, saya harus mengajukan SKCK di POLRES Tangerang Selatan.

Alamat POLRES Tangsel adalah: Boulevard Bintaro Jaya, Pondok Aren

Secara umum, persyaratan sama seperti yang ada di website polri.go.id ini, hanya untuk pas photo ukuran 4×6, harus berlatar belakang merah. Siapkan semua persyaratan dan masukkan pada map (warna apa saja), beri nama. Kalau kamu sudah punya pas foto tapi tidak berlatar belakang merah dan time not allow to make another one. Jangan khawatir…! Cukup merapat ke gerai jasa printing, misalnya snappy, dan voila background diganti jadi merah. Tapi..kalau kamu sigap dengan photoshop, dirubah sendiri juga bisa. 🙂 Ini tips dari Pak Polisi yang menolak pas photo saya yang berlatar belakang putih. Waktu saya keukeuh bilang di website polri.go.id tidak menyebutkan warna merah, si Pak Pol lalu memberi solusi itu dan menambahkan kalau info tentang foto itu sudah lama dan belum di update.. (Jiaaaaah!!) Supported by Waze (aplikasi andalan saya berkeliling Jakarta dan sekitarnya) saya mencari snappy terdekat setelah tempat printing yang direkomendasikan Pak Pol masih tutup dan baru buka jam 10:00. Snappy terdekat sekita 3.6 km dan sudah beroperasi, sooo…case solved! 🙂

Nah..Urutannya akan seperti ini yaa:

  1. Buat surat pengantar dari RT tempat kamu tinggal, lalu bawa ke kelurahan.
  2. Kelurahan akan menerbitkan surat pengantar ke POLSEK atau POLRES (sesuai kebutuhan SKCK). Disini akan ditanya untuk apa SKCK dibuat sehingga pihak kelurahan sesuai dalam memberi rujukan.
  3. Selanjutnya bawa ke Polres. Petugas SKCK Tangsel mulai bertugas melayani pemohon pukul 9:00 (Senin – Jumat).
  4. Lalu petugas akan memeriksa kelengkapan dokumen persyaratan. Setelah lengkap, kita akan diberi formulir Riwayat Hidup dan juga ada isian tentang ciri-ciri fisik. Untuk ciri-ciri fisik, misalnya jenis bentuk kepala, bentuk bibir, telinga, dst. 😛 sudah ada panduan gambar untuk kemudian dicocokkan dengan fisik kamu. Menurut saya ini hanya formalitas karena tidak ada pengecekan dari pihak kepolisian untuk kebenaran jenis bentuk yang kita isi 😛
  5. Serahkan isian lengkap formulir tadi, lalu kita akan diambil sidik jari. Ada biaya ‘sukarela’ aka pungli di bilik sidik jari ini. Petugas sidik jari sih bilang ‘terserah mbaknya..’ dengan sangat sopan. Saya suka sekali dengan pelayanan yang sopan dan tidak membedakan dari petugas sidik jari ini, jadi sebagai gantinya saya tidak berkeberatan memberi kompensasi. 🙂
  6. Kembali ke bagian pendaftaran kita membayar biaya pembuatan SKCK sebesar: Rp. 10.000 saja. Selanjutnya, menunggu nama kita dipanggil yang berarti surat sudah siap. Tapi waktu itu saya tinggal dan kembali keesokan harinya karena saya harus kembali memenuhi panggilan tugas negara: mengajar para kurcaci 🙂

Waktu yang saya butuhkan hanya sekitar 1 jam, pada waktu itu sedang ada antrian pendaftaran polisi jadi cukup banyak yang mengantri. Kalau keadaan normal mungkin bisa lebih cepat.

Semoga artikel ini bisa memberi panduan buat teman-teman yang ingin membuat SKCK.

AGAIN.. IT’S EASY..!! DO IT YOURSELF!

Leave a Reply

