Called By Name

Sebagai orang asia, kita mempunyai budaya memanggil orang yang lebih tua atau yang kita hormati dengan menggunakan titel: Pak, Bu, Tante, atau Om. Naah… ketika di Indonesia saya memanggil teman-teman yang usianya jauh lebih tua pun langsung menggunakan nama mereka, karena itu memang membuat kami merasa lebih dekat. Meskipun atasan masih tetap saya panggil dengan sebutan ‘Pak’ atau ‘Mr.”dan ‘Ms.”

Berada disini saya pun menjadi terbiasa memnggil mereka dengan hanya nama, bahkan pada direktur sekolah saya. Yang membedakan adalah cara saya berinteraksi tapi sapaan tetap menggunakan ‘hanya’ nama saja. I can cope with it.

Agak canggung adalah ketika teman serumah saya dikunjungi kedua orangtuanya. Ya! Ketika dikenalkan,, “Rie, this is my Mum,…. and this is my dad, …..” Biasanya kita akan langsung menggunakan kata ‘Tante A dan Om A” :p Lidah saya masih belum bisa diajak berkompromi dan yang keluar adalah: “Nice meeting you….” Setelah beberapa hari barulah saya terbiasa memanggil mereka dengan nama.

Seperti juga di tempat saya membantu pelatihan salah satu olah raga di tempat saya bekerja. Karena mereka bukan siswa saya langsung, tapi anak-anak tingkat atas, koordinator pelatihh memperkenalkan saya dengan ‘hanya’ menyebut nama saya… hmm baiklah.. terasa agak janggal, apalagi ketika salah satu siswa ternyata bisa berbahasa Malaysia dan mulai menyapa saya dengan sebutan ‘Kak’ hehehe

Dari perspektif saya yang lebih muda dan juga ketika saya yang lebih tua dalam kesempatan lain, yang terasa adalah perasaan lebih akrab.. Interesting huh..how the way you are called give the feeling..

 

Leave a Reply

